Tentang Marquee Player

Marquee player bukan hal asing di telinga sepakbola dunia kususnya di Amerika. Major League Soccer atau kompetisi sepakbola Amerika Serikat, menerapkan ini pada 2007 lalu ketika LA Galaxy mendatangkan David Beckham yang kontraknya habis bersama Real Madrid. Di AS, marquee player sendiri dinamakan designated player.
Selain AS, marquee player juga terdapat di A-League (Australia), I-League (India), dan ISL (India Super League). Itupun aturan dan definisi Marquee Player berbeda- beda di tiap negara. Yang dikategorikan sebagai marquee player sendiri biasanya berkaitan dengan salary cap atau batas maksimal total gaji pemain dalam sebuah kesebelasan. Jadi gampangnya adalah Marquee Player adalah pemain yang memiliki batasan gaji tertentu.

Contohnya di AS, masing-masing kesebelasan dibatasi hanya boleh memiliki pengeluaran gaji sampai 3,845 dolar AS (Rp 51 miliar) dalam satu musim. Sementara untuk satu pemain adalah 480.625 dolar AS (6,4 miliar rupiah). Maka pemain marquee adalah pemain yang gajinya di atas 480.625 dolar AS dan gajinya tersebut tak termasuk ke dalam total anggaran gaji kesebelasan tersebut dalam satu musim. Untuk menjaga kesenjangan, masing-masing kesebelasan MLS hanya boleh memiliki dua marquee player saja.

Sementara Indonesia menurut regulasi baru yang ditetapkan per 28 Maret 2017, batas maksimal pengeluar kesebelasan untuk gaji adalah 15 miliar rupiah. Maka misalnya Essien dibayar Persib sebesar 8 miliar, pembayaran Essien tersebut tidak termasuk ke dalam batas 15 miliar masing-masing kesebelasan dalam satu musim.

Apakah Marquee Player itu bisa memberikan dampak positif dalam sebuah liga..? jawabannya iya.. Dan sekarang di Indonesia, tanda-tanda ini sudah terlihat. Ketika Persib mendatangkan Essien, kesebelasan lain pun tak mau kalah untuk mendatangkan marquee player, salah satunya Madura United yang sempat dikaitkan dengan Peter Odemwingie. Tujuannya tentu agar tidak hanya Persib seorang yang punya pemain kelas dunia. Diharapkan Marquee Player bisa mentransfer ilmunya kepada pemain lokal kita. Ditambah nama besar mereka  yang menjadi daya tarik yang kuat pagi para fans dan juga seponsor.

Advertisements